Hal-hal yang penting dari membuat prioritas

 

Hal-hal yang penting dari membuat prioritas


 1. Catat semua aktivitas: Tulis semua kebutuhan, prioritas, tugas, dan aktivitas Anda untuk dijalankan hari ini atau minggu ini. 


2. Tentukan tujuan utama: Buat daftar tujuan utama Anda untuk hari ini atau minggu ini.


 3. Pertimbangkan Prinsip 80/20: Tentukan 20% dari kegiatan yang akan menghasilkan 80% dari hasil yang akan membawa kita lebih dekat ke tujuan kita.


 4. Evaluasilah perbandingan antara 'hal yang penting' dan ‘hal yang mendesak’: Putuskan yang mana dari kegiatan ini yang paling penting dibandingkan dengan yang paling mendesak. Pada tahap ini, pertimbangkan bagaimana hal-hal tertentu memengaruhi

hal-hal lain dan konsekuensi dari tidak menyelesaikan tugas-tugas tertentu (contohnya, seseorang mungkin membutuhkan sesuatu dari kita agar bisa

mengerjakan pekerjaannya). 


5. Beri peringkat: Gunakan sistem peringkat untuk memulai perencanaan. Sebagai contoh:


 • Tugas “A” memiliki prioritas tinggi dan harus segera diselesaikan


 • Tugas “B” cukup penting, tetapi bisa dikerjakan setelah tugas “A” selesai. 


-Tugas “C” tingkat kepentingannya rendah dan dapat ditangani pada waktu luang kita. 


6. Susun jadwal: Sebutkan tenggat waktu untuk setiap tugas dan perkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas. Buatlah jadwal; ingat-ingat tugas mana saja yang dapat dikerjakan pada waktu yang sama untuk meningkatkan produktivitas. 


Contohnya, bisakah kita memadukan tugas-tugas yang prioritasnya lebih rendah dengan tugas yang lebih penting?


 7. Tinjau ulang Tujuan dan Sesuaikan: Tinjau ulang tujuan-tujuan kita dan manfaat melakukan tugas tepat waktu, buatlah penyesuaian yang diperlukan.


8. Bersihkan daftar: Singkirkan tugas-tugas pada daftar kita yang tetap berada di urutan bawah dan yang pada kenyataannya tidak akan pernah kita kerjakan hingga selesai.

Komentar

Postingan Populer